Senin, 28 Maret 2016

Militan di Tanah Jawa Part 1

Well, bicara pengalaman pasti banyak banget yang udah aku lalui selama hampir seperempat abad ini. Nah kali ini aku bakal share pengalaman aku waktu berkunjung ke tanah jawa. Baidewai aku dari Pekanbaru, Riau. 😄

Juli 2012, perjalan ini aku laluin bareng senior cowok aku berinisial RH. Ini bukan liburan sih ya, kita punya acara Teater di Purwokerto. Kita berangkat siang dari Bandara Sultan Syarif Kasim Pekanbaru menuju Bandara Soekarno Hatta Tanggerang.

Perlu aku kasih info seniorku ini nge-push aku buat jadi militan di tanah orang. Jadi, apa-apa aku yang disuruh nanya. Wkwk. Sampai di bandara kita lanjut perjalanan ke salah satu kampus teater di Jakarta Selatan, tepatnya Teater Unggun di Kampus USNI (Universitas Satya Negara Indonesia). Kita stay satu malam di sana, tidur di sekre Teater Unggun bareng anak Medan.

Sebenernya kita udah dibagiin kelompoknya, harusnya sih waktu itu kita stay di UNJ. Tapi karena di USNI rame anak Medan sesama Sumatra, doi berat ke USNI. Eh, tau-tau malamnya doi main sendiri ke UNJ ninggalin aku. Bukannya apa-apa, aku ya banyakan juga baru kenal, selebihnya kenal di medsos.

Besoknya, bg Qway dari unggun bela-belain nganterin aku ke UNJ karena tiket kereta aku ya dari UNJ. Pertama kali dong naik transjakarta waktu itu. Gilak! Ampun ini rame banget 😂 badan aku yang kecil ini ya habis didesak-desak pas antrian. Untung bg qway sigap, aku berasa adek-adek banget. Haha.

Sampai di UNJ, aku ngeluh ke seniorku itu. Reaponnya cuma ngakak doang. Ppft. Nah berangkat dong kita ke stasiun senen kalo ga salah ya. Kereta lepas landas *pesawatkali* jam 9 dan nyampe Purwokerto jam 5 pagi. DINGIN! Purwokerto ajib dinginnya. Bukittinggi mah kalah 😂

Nah di Purwokerto kita nginap di STAIN Purwokerto. Acara berlangsung seminggu, nah aku dan seniorku juga bakal mentasin sebuah naskah monolog. Aku Sutradara dan doi aktornya. Of course, kita ga bisa nyelesein ini berdua doang. Kita minta bantuan dari segala penjuru Sumatra paling utama. Hahah.

Di sini, militan aku diuji lagi. Hampir semua perlengkapan aku yang urus. Robek-robek koran segunung sampai karet-karetan, lari sana lari sini, beli ini beli itu. Bahkan aku sampai diajakin ke Unsoed sama LO.

Tibalah hari pementasan. Aku di depan ngurusin musik, temen-temen dari Medan ngurusin cahaya dan lainnya juga ada bantuan dari temen-temen Jakarta. Disampingku ada si Abdu dari Medan yang bantuan rekaman. Well, I was so touched waktu itu. Terharuu banget 😢

Walaupun bisa dibilang 'kacau' tapi issue yang kita bawa ke panggung waktu itu jadi buah bibir. Selain kami, ada 30an pementasan lain selama seminggu itu. Puas deh nonton tiap hari 😃

"Lo dateng sendiri, Nis? Keren!"
"Ma yang lain? Ndak ikuik? Bagak yo!"

Itu beberapa ocehan temen-temen yang aku temui usai pementasan. Berasa superwoman banget dah ah. Haha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar